ASESMEN MADRASAH
Pendahuluan
Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/ penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.
Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.
Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah
Tujuan
Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.
Fungsi
Fungsi Asesmen Madrasah adalah:
- Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
- Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah
- Salah satu syarat penentuan kelulusan
- Bentuk Asesmen pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK dapat berupa:
- Bes tertulis,
Bentuk soal asesmen tertulis terdiri dari:
a) Pilihan ganda
b) Pilihan ganda kompleks
c) Benar Salah
d) Setuju tidak setuju
e) Menjodohkan
f) Isian
g) Uraian
(Guru dapat memilih minimal 3 bentuk soal tertulis di atas)
- praktik,
- portofolio,
- penugasan, dan/atau
- bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.VV
Untuk
SOAL ASESMEN
KISI-KISI
JAWABAN
akan kami share setelah pelaksanaan ujian kelas VII dan VII selesai sehingga Bapak/Ibu bisa DOWNLOAD sebagai bahan refensi.